Tips Aman Jual Beli Online Dan Transaksi Online


Saat ini hampir sebagian orang sangat gemar berbelanja secara online, banyak pembeli yang tertarik belanja secara online dikarenakan tidak menghabiskan banyak tenaga dan tanpa perlu repot-repot pergi keluar rumah dan berdesakan di tempat belanja.

Selain bisa dengan santai mencari barang yang sesuai dengan spesifikasi, harga yang lebih murah namun memiliki kualitas adalah alasan kenapa seseorang lebih tertarik berbelanja secara online.

Untuk memperoleh barang impian, banyak para pengguna internet yang mencari-cari barang melalu sosial media dan situs jual beli online. 

Selain memiliki banyak keunggulan, jual beli secara online juga masih banyak kekurangan nya. Tinggi nya kasus tipu-tipu yang diakibatkan oleh oknum penjual yang nakal jadi penyebab seseorang takut untuk bertransaksi.

Tentu hal ini bisa menyebabkan pembeli mengalami kerugian materi jika barang yang dibeli dalam jumlah nominal yang besar. Harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya aman dan nyaman saat jual beli online

Seputar sosial media akan membagikan tips aman jual beli online untuk kalian supaya terhindar dari aksi tipu-tipu

1. Belanja di Situs Terpercaya

Bagi orang awam atau pemula yang pertama kali akan membeli barang secara online pasti akan tertarik dengan produk yang harganya murah dan tampilan bagus. Namun harus diperhatikan juga kredibilitas akun si penjual supaya kalian tidak kena tipu.

Jangan tergiur oleh harga yang murah, jika kalian melihat produk itu di akun sosial media Facebook atau Instagram maka perhatikan juga review atau testimoni dari pelanggan lain. Harus di ingat jumlah followers yang banyak pada akun penjual belum tentu menjamin penjual itu jujur.


Sangat saya sarankan, kalian belanja online di situs jual beli yang terpercaya dan kredibiltas bagus supaya transaksi aman.

2. Pakai Sistem COD (Cash On Delivery)

Sistem COD atau bayar ditempat saat ini sudah banyak digunakan oleh para onlineshop. Terlebih jika akun onlineshop itu berasal dari situs atau aplikasi ecommerce seperti Tokopedia dll. 

Keunggulan dari COD adalah memberikan rasa aman pada pihak pembeli karena pembayaran akan dilakukan setelah barang sudah ditangan. Jangan sekali-kali transaksi dalam nominal yang besar jika meragukan pihak penjual 

3. Belanja di Ecommerce

Kenapa harus belanja melalui ecommerce? Sudah tidak diragukan lagi bahwa belanja yang paling aman dan nyaman adalah melalui aplikasi atau situs ecommerce ( shopee, bukalapak, Tokopedia). Disana kalian bisa memilih penjual yang rating serta ulasan nya bagus, sehingga tidak ada lagi keraguan dalam diri untuk belanja secara online

4. Pakai Rekening Bersama

Solusi lain jika ingin melakukan transaksi digital supaya tidak kena tipu adalah dengan menggunakan jasa rekening bersama atau rekber. Ingat, jangan sampai salah memilih jasa rekber. Karena saat ini jasa rekber banyak melakukan aksi penipuan.

Para Internet Marketer selalu mempercayai jasa rekber kepada mas Tri, silahkan kalian googling dan cek kredibilitasnya.

5. Datang Langsung Ke Tempat Penjualnya

Belanja lewat onlineshop tapi disuruh datang ke tempat penjualnya? Kenapa tidak, jika onlineshop yang cocok dengan kalian ternyata lokasinya satu kota atau satu wilayah dan bisa dijangkau bisa saja kalian datang ke lokasi penjual.

Namun kadang meskipun begitu, banyak para penjual yang kekeuh hanya bisa melayani penjualan secara online meskipun masih satu wilayah dengan kalian.




0 Response to "Tips Aman Jual Beli Online Dan Transaksi Online"

Post a Comment

silahkan tinggalkan pesan