Tips Menjalankan Usaha Dengan Modal Kecil

Tips Menjalankan Usaha Dengan Modal Kecil


Banyak orang yang bingung saat akan memulai membuka usaha, yang ada dipikiran mereka bahwa usaha harus selalu memiliki modal yang besar. Semua itu tidak benar, suatu bisnis atau usaha ada juga yang bisa dijalankan meskipun modalnya kecil.

Ditengah situasi pandemik virus covid-19 tidak sedikit karyawan atau para pekerja yang kehilangan pekerjaan nya akibat di PHK atau diberhentikan sementara. Dengan adanya situasi seperti itu sudah jelas sumber penghasilan pun akan hilang, kecuali jika memiliki tabungan yang cukup.

Sekalipun tidak memiliki jumlah tabungan yang mencukupi untuk memulai suatu usaha, modal kecilpun bisa tetap dipakai untuk modal dan bisa dimaksimalkan.

Selain membutukan modal, usaha juga membutuhkan niat. Jika sudah ada niat maka usaha atau bisnis bisa mulai dikerjakan, jenis usaha apa saja yang bisa dijalankan meskipun dengan modal yang kecil? 


Saya akan merangkum suatu usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil, diantaranya 

1. Bisnis Jual Makanan Ringan

Untuk jenis usaha ini, kalian tidak dituntut untuk memiliki modal yang banyak. Banyak jenis cemilan atau makanan ringan yang bisa kalian produksi untuk dijual. 

Jika terkendala tidak bisa memasak, kalian bisa minta bantuan kepada kerabat untuk diajari.

2. Menjadi Reseller Produk Fashion

Dengan memilik modal sekitar 100-200ribu saja kalian sudah bisa memulai berjualan pakaian atau fashion yang lain.

Caranya adalah dengan menjadi reseller produk dari supplier atau penjual tangan pertama. Biasanya kalian akan mendapatkan harga beli yang murah dan bisa kalian jual kembali dengan margin keuntungan yang lumayan.

3. Bisnis Kuliner

Banyak ragam jenis kuliner, kalian tinggal menentukan jenis usaha kuliner apa yang cocok dan kalian kuasai cara memasaknya.

Modal untuk usaha kuliner pun tidak harus besar, dengan modal kecil kalian sudah bisa menjalankan usaha nya.

4. Jual Beli Accecories Handphone

Apakah ini bisa dijalankan dengan modal yang kecil? Tentu bisa. Accecories telepon genggam bisa jadi usaha alternatif yang bisa kalian jalankan.

Tetapi disini kalian harus sedikit mengetahui harga pasar dan harus tahu tempat penjual grosiran supaya bisa membeli dengan harga pabrikan dan bisa menjual kembali dengan harga yang pasaran.

5. Bisnis Jual Beli Handphone Bekas

Untuk jenis usaha yang satu ini, setidaknya kalian harus punya pegangan modal yg tidak sedikit. Minimal kalian punya modal 500ribu saja. 

Cara menjalankan usaha nya sangat mudah, kalian bisa mencari Handphone yg murah lalu bisa kalian jual kembali di forum-forum jual beli.

Besar kecilnya keuntungan bisa saja berasal dari berapa modal yang kalian punya, namun jika tidak memiliki modal yang besar, suatu usaha atau bisnispun sangat bisa dimulai dengan modal yang kecil.



0 Response to "Tips Menjalankan Usaha Dengan Modal Kecil"

Post a Comment

silahkan tinggalkan pesan