5 Dampak Negatif Sosial Media Bagi Remaja

Dampak negatif sosial media

Di era modern seperti saat ini, kemajuan tekhnologi memang sangat tidak bisa diasingkan keberadaanya. Munculnya jejaring sosial media yg bertebaran di internet tentunya membuktikan jika keberadaanya sudah tidak bisa di pungkiri lagi.

Sosial media juga dapat memudahkan segalanya, tapi disisi lain bisa juga merugikan. Sudah banyak kejadian yg bertebaran di sosial media yg mempengaruhi mental para ABG dijaman sekarang ini.

Sebenarnya manfaat atau tidaknya sosial media kembali lagi kepada pribadi masing-masing para pengguna, terlebih jika pengguan sosial media tersebut adalah para remaja yang masih labil tentu akan beresiko jika tidak ada pemantauan dari orang tua

Apa saja dampak negatif sosial media bagi para remaja?

Berikut akan saya bahas 5 dampak negatif sosial media bagi para remaja,

1. Mempengaruhi Emosi

Sosial media sangat berpengaruh terhadap mental dan emosi remaja, karena tidak jarang setiap remaja selalu ingin terlihat "wah" saat bersosial media. Hal itu juga akan membuat mereka mudah meluapkan segala bentuk kekecewaan nya di sosial media jika dalam dunia nyata nya tidak memiliki perhatian yg berlebih dari lingkugan nya.

2. Akan Mudah Terprovokasi

Mental mudah terprovokasi akan menghampiri seorang remaja yg hobi bersosial media, hal ini diakibatkan oleh emosinya yg masih labil serta gampang terpengaruh dengan konten apa saja yg berada di sosmed yg sekiranya tidak dia sukai

3. Hilangnya Jati Diri

Kita bisa lihat, kadang ada seorang yg wah di sosial media tapi pendiam di dunia nyata lingkunganya.
Ini akibat dari mudahnya menuangkan sesuatu di sosmed yg mereka anggap akan membuat mereka terlihat istimewa dengan membuat aktivitas di sosmed dengan cara yg wah. Sehingga dia akan kehilangan karakter serta jatidiri nya pun akan sulit dia dapat.

4. Mudah Terbawa Arus Zaman

Tidak bisa di pungkiri jika keberadaan sosial media akan berdampak bagi kemajuan suatu hal dan tren terkini. Seorang remaja cenderung akan mengikuti hal yg menurut mereka sedang ramai diperbincangkan.

Sehingga demi mendapat pengakuan dan simpati sesama pengguna sosial media, mereka melakukan dan mengikuti tren yg sedang ramai tersebut.

5. Kehilangan Lingkungan Sosial
Semakin asyik remaja itu bersosial media, maka kemungkinan dia akan kehilangan dan sulit bersosial dengan lingkungan aslinya.

Karena mereka akan menganggap jika sosial media lebih asyik sebagai sarana eksistensi mereka.

Tentunya dibalik sisi negatif dari sosial media, banyak juga sisi positifnya. Yang harus kita lakukan adalah bijak dalam menggunakan sosial media dan mulailah menghargai lingkungan sekitar kita.

0 Response to "5 Dampak Negatif Sosial Media Bagi Remaja"

Post a Comment

silahkan tinggalkan pesan