Tips Cara Jualan Online di Sosial Media



Bisnis online adalah suatu bisnis atau usaha yang dijalankan melalui internet, sarana untuk promosi nya bisa menggunaka jejaring sosial media dan forum-forum iklan yang ada di internet. Meskipun usaha jualan secara online tidak seperti usaha lain nya yang terlihat wujud usaha nya namun bisnis online tidak kalah keren dengan bisnis-bisnis offline.

Tidak sedikit orang yang bahkan meraup banyak omzet dari usaha nya secara online, namun untuk meraih itu semua tentu tidaklah semudah yang diabayangkan, dibutuhkan usaha yang keras dan keinginan untuk selalu belajar.

Produk yang bisa kamu jual secara online juga tentu sangat beragam tergantung bisnis apa yang sekiranya cocok untuk kamu jalankan, menurut beberapa sumber yang paling diminati adalah produk-produk fashion karena bisnis ini cenderung mengikuti perkembangan jaman dan tren.

Namun bukan berarti produk lain tidak bagus untuk dijual secara online, semua bisnis asalkan produknya yang sesuai dengan kebutuhan orang pasti akan ramai pembeli.

Jika kamu kebingungan harus memulai darimana untuk menjalankan bisnis online atau jualan online, sudah saatnya mulai sekarang kamu manfaatkan jejaring sosial media sebagai sarana promosi produk kamu. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa pengguna akun sosial media saat ini semakin bertambah banyak dan itu bisa kamu jadikan sebagai pasar utama dan target penjualan kamu.

Yang harus kamu ketahui bahwa sosial media juga sangat efektif untuk kegiatan promosi atau pemasaran produk online. Jadi, sudah saatnya mulai sekarang kamu tidak usah bingung lagi harus melakukan promosi jualan online dimana. Manfaatkan sosial media sebagai ladang bisnis kamu.

Sebelum kamu memulai dan menggunakan sosial media untuk sarana jualan online yang akan kamu jalankan, alangkah baiknya kamu memperhatikan beberapa tips jualan online di sosial media yang akan saya tuliskan dibawah ini, terlebih jika kamu adalah seorang pemula yang masih gelap tentan dunia bisnis online.

1. Wajib Punya Akun Sosial Media 

Jika kamu ingin memulai untuk jualan online disosial media, maka kamu wajib memiliki akun sosial media seperti Facebook, Twitter atau Insragram. Jika belum mempunyai banyak akun sosial media kamu bisa memanfaatkan sosial media yang kamu punya.

Namun alangkah baiknya jika tujuan kamu aktif disosial media adalah untuk mempromosikan produk jualan online kamu lebih baik kamu buat akun sosial media yang di khususkan dengan nama toko online kamu supaya akun pribadi tidak tercampur dengan akun jual bisnis.

Jika masih belum punya satupun akun sosial media, lebih baik kamu segera membuatnya demi kelancaran semua kegiatan jualan online kamu.

2. Gabung Dengan Grup atau Forum Yang Tersedia di Sosial Media

Jika sudah memiliki akun sosial media, untuk kelancaran promosi dan jualan online yang akan kamu jalankan sudah saatnya kamu harus gerak cepat dengan bergabung ke grup-grup atau forum yang tersedia di salah satu akun sosial media kamu.

Usahakan kamu bergabung dengan grup atau forum yang satu jurusan dan ada hubungan nya dengan produk yang akan kamu pasarkan. Jangan sampai salah gabung ke grup atau forum. Karena kita bisa saja menyalahi aturan ketika memiliki produk baju yang akan dijual secara online tapi kamu mempromosikan nya di grup otomotif. Jangan sampai salah dan kamu harus jeli dalam memilih grup.

3. Jangan ''SPAM'' Promosi

Yang dimaksud jangan spam promosi disini adalah, jangan setiap detik atau menit terus-terusan melakukan promosi di grup atau forum karena itu hanya akan membuat pengguna sosial media lain nya merasa risih dan bisa saja terganggu dengan kegiatan promosi kamu yang tidak tau waktu.

Lakukan promosi secara profesional supaya tidak menganggu pengguna lain, gunakan kalimat yang menarik dan detail guna menarik calon pembeli datang.

4. Buat Spesifikasi Produk Dengan Detail 

Karen usaha kamu berbasis online,maka kamu pun harus menggunakan kalimat promosi dengan benar dan tidak asal-asalan. Cantumkan spesifikasi yang jelas supaya calon pembeli lebih mempercayai anda.

Buat kalimat promosi yang masuk akal dan tidak terlalu melebih lebihkan, sampaikan apa adanya tentan produk yang kamu jual secara online. Jangan lupa untuk mencantumkan harga juga supaya lebih jelas.

5. Jalin Hubungan yang Baik dengan Calon Pembeli

Layani dengan sopan setiap pertanyaan dari calon pembeli, masalah jadi atau tidak mereka membeli produk kita itu urusan belakangan yang penting kita mempunyai pelayanan yang bagus.

Kamu juga harus paham jika karakter dari masing-masing calon pembeli pasti berbeda-beda, kamu dituntut untuk sabar dalam hal ini. Jika mereka hanya banyak bertanya tentang produk dan tidak order biarkan saja.

Walaupun mereka tidak order saat itu juga, bisa jadi mereka akan order dikemudian hari. Intinya ciptakan hubungan yang baik antara kamu dengan konsumen. 

Nah itu tadi tisp jualan online di sosial media, intinya posisi promosi di manapun kamu harus tetap memperhatikan etika jual beli. Kamu harus ingat bahwa posisi kamu adalah sebagai seorang penjual dan seorang penjual pasti membutuhkan pembeli untuk mencapai target.

Semoga kamu yang saat ini baru memulai atau mungkin sudah setengah jalan, semoga segera mendapatkan banyak pembeli dan bisa terus mengembangan usaha kamu di bidang online apapun. 







0 Response to "Tips Cara Jualan Online di Sosial Media"

Post a Comment

silahkan tinggalkan pesan