Alasan Kenapa Seseorang Lebih Asyik dengan Sosial Media



Tren sosial media sudah seperti suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia di jaman sekarang. Kamu bisa perhatikan orang sekeliling kamu yang sepertinya hidup tidak lengkap tanpa sosial media. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang lebih asyik dengan sosial media ?

Gemarnya seseorang untuk aktif di sosial media bukan lagi menjadi suatu fenomena yang aneh, karena di era sekarang ini rasanya ketinggalan jaman jika kita tidak membagikan suatu hal yang penting melalui sosial media. Saya pribadi pun dalam beberapa tahun kebelakang sangat bergantung pada sosial media dalam urusan membagikan pengalaman sehari-hari.

Semakin bertambahnya tahun, semakin muncul juga sosial media lain yang menjadi alasan utama seseorang sangat asyik dengan sosial media dibandingkan hanya untuk sekedar aktif di lingkungan nyata mereka.

Apa yang menjadi alasan seseorang lebih asyik dengan sosial media dibanding dengan lingkungan nyata ? Mari simak pembahasan berikut ini 

1. Tempat Untuk Bebas Ber-ekspresi

cnn money
Pernah dengar ada seseorang yang di sosial media terlihat jagoan namun kenyataan nya ternyata pendiam? seperti itulah sosial media kadang seseorang bisa memiliki dua karakter yang saling bertolak belakang.

Banyak orang yang terlihat tenang tapi setiap kali ada masalah mereka kerap kali curhat di jejaring sosial media miliknya dan kadang kehidupan mereka disosial media seperti terlihat wah tapi kenyataan nya jauh berbeda.

Mungkin ini yang menjadi alasan utama kenapa seseorang lebih nyaman untuk mencurahkan semuanya di sosial media dibanding curhat langsung ke orang-orang terdekat

2. Sosial Media dijadikan Tempat Untuk Menutupi Kelemahan 


tantramar interactive inc

Banyak orang yang ingin terlihat mewah, lalu mereka kerap kali pamer hal apapun di sosial media. Jika kamu pernah memiliki teman yang hobi pamer sesuatu tentang hal apapun di sosial media namun kenyataan nya kehidupan dia tidak sesuai seperti apa yang dia perlihatkan di sosial media mungkin teman kamu salah satu orang yang berusaha ingin terlihat hebat dan berusaha menutupi kekurangan dirinya.

Ini tentu bukan hal yang aneh, karena banyak orang yang menjadikan sosial media sebagai ajang untuk menunjukan kelebihan mereka. Banyak orang bilang jika sosial media memang tempatnya untuk pamer suatu hal. 

3. Sosial Media Menjadi Tempat Mencurahkan Segala Sesuatu 

@dheryudi

Apakah salah jika seseorang mencurahkan semua isi hatinya di sosial media? sebenarnya itu merupakan hak tiap orang tanpa bisa kita larang, namun kita juga kadang risih jika ada seseorang yang hobi mengumbar masalah pribadinya di sosial media.

Tapi kita tida bisa menyalahkan setiap orang yang hobi curhat di sosial media, karena namanya orang pasti berbeda-beda tujuan dalam menggunakan sosial media.

Namun alangkah baiknya untuk tidak mengumbar tiap kesusahan di sosial media karena itu sama saja dengan mengumbar aib pribadi.

4. Sosial Media Menjadi Tempat Mencari Jatidiri




tampang.com

Tidak bisa dipungkiri jika seseorang nyaman dengan sosial media karena mereka menganggap sosial media sebagai temoat yang cocok untuk mencari jatidiri. Hal demikian mungkin pernah kamu alami.

Seseorang dalam melakukan postingan di sosial media kadang terlihat bijak dan kadang rasis, itu merupakan suatu bentuk pencarian jatidiri untuk orang tersebut. Karena dalam setiap kehidupan pasti seseorang akan mengalami fase yang namanya masih mencari jatidiri

5. Sosial Media Jadi Sarana Meluapkan Emosi


toistersolutions.com

Fenomena marah-marah di sosial media bukan hal yang aneh, saling sindir di sosial media juga sepertinya sudah menjadi satu hal yang memang harus dilakukan jika merasa kesal dengan seseorang tapi tentu ini bukan hal baik.

Apa kamu pernah di singgung oleh teman kamu di status sosial media miliknya? bisa jadi karena mereka memiliki sedikit keberanian dan banyak takutnya. Saran saya jika ada orang yang suka nya nyindir di sosial media lebih baik tidak usah di gubris dan hiraukan saja nanti juga malu sendiri

6. Sosial Media Sebagai Tempat Mencari Identitas

tempo.co

Seseorang yang dalam kehidupan nyata nya tidak memiliki banyak teman atau cenderung dijauhi, mereka biasanya akan meluapkan segala sesuatu nya di sosial media. Mereka kerap kali mencari perhatian di sosial media karena merasa di asingkan di kehidupan nyata nya.

Hal ini juga merupakan suatu proses individu untuk menjadi matang kedepan nya, kelak seseorang akan sadar dengan apa yang mereka lakukan di sosial media dan mereka bisa mengambil pelajaran dari masa lalu nya dalam bersosial media.

Enam hal diatas merupakan alasan kenapa seseorang lebih cenderung asyik dengan sosial media dibandigkan sibuk dengan lingkungan nyata. Tidak bisa kita pungkiri mungkin kamu juga pernah mengalami hal-hal diatas yang saya sebutkan.

Alangkah baiknya untuk kita bijak dalam menggunakan sosial media, karena baik buruknya diri kita saat ini bisa dilihat dari setiap aktivitas seseorang di sosial media.













0 Response to "Alasan Kenapa Seseorang Lebih Asyik dengan Sosial Media"

Post a Comment

silahkan tinggalkan pesan