Fakta Tentang Mark Zuckerberg Si Pendiri Facebook Yang Kalian Tidak Ketahui


Facebook merupakan salah satu platform sosial media yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua pun memiliki akun Facebook. Bahkan pengguna Facebook di seluruh dunia sekarang telah mencapai angka 2.45 milyar pengguna dengan 1.49 milyar diantaranya merupakan pengguna aktif harian. Hal itu menjadikannya sebagai platform sosial media dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia mengalahkan Youtube, Twitter, dan anak perusahaannya sendiri, Instagram dan WhatsApp. Tak hanya itu, pendapatan Facebook pun terus meningkat hingga 28% setiap tahunnya.

Bahkan pada kuartal ketiga tahun 2019, Facebook telah mengantongi US$ 17,7 miliar atau setara dengan Rp 247,8 triliun. Keberhasilan Facebook juga didukung oleh tekad besar pendirinya, Mark Zuckerberg.

Ia memulai meluncurkan Facebook pada 4 Februari 2004 dengan nama Thefacebook dari ruang asramanya di Harvard. Bahkan 2 tahun sebelumnya, ia telah membuat sebuah aplikasi yang bernama Facemash yang berisi foto-foto teman sekelasnya di Harvard yang ia dapatkan dengan meretas file administrasi asrama kampusnya.

 Ternyata ada banyak sekali fakta tentang si pendiri Facebook yang satu ini yang kita tidak ketahui. Yuk kita kupas semua.

Baca : 7 Tips Menghemat Kuota Android 


1. Mark Zuckerberg Merupakan Mahasiswa Fakultas Psikologi Harvard

Pada saat kuliah dulu, Mark Zuckerberg memang sering mengambil mata kuliah komputer, tetapi siapa yang tahu kalau dulunya ia mengambil jurusan psikologi. Meskipun pada akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari Harvard di tahun keduanya pada tahun 2005, namun ia akhirnya dapat wisuda di Harvard dengan gelar kehormatan atau honoris causa pada tahun 2017.

2. Hampir Bekerja di Microsoft

Mark Zuckerberg telah tertarik pada dunia komputer sejak lama. Pada masa SMA nya ia membuat aplikasi bernama Synapse, sebuah pemutar musik MP3 yang dapat memutar lagu favorit dan membuat playlist sesuai dengan keinginan penggunanya persis seperti Spotify atau Pandora sekarang. Hal itu ternyata menarik perhatian Microsoft dan perusahaan itu langsung ingin mengakuisisi aplikasi itu dan pembuatnya sekaligus. Tetapi Mark Zuckerberg justru menolak tawaran itu, padahal Microsoft telah menawarkan uang sebesar 1 juta dollar waktu itu. Tetapi ia lebih memilih untuk mematenkan ciptaannya

3. Menderita Buta Warna
Mark Zuckerberg ternyata merupakan penderita buta warna. Ia tak bisa membedakan warna merah dan hijau. Biru adalah satu-satunya warna yang ia bisa lihat dengan jelas. Oleh sebab itu ia membuat logo Facebook dengan warna biru sebagai warna dominan.

4. Seorang Vegetarian

Pada tahun 2011, ia menyatakan bahwa dirinya adalah vegetarian. Dia tak akan memakan daging kecuali jika ia sendiri yang membunuh hewan itu. Tetapi di akun Facebooknya, ia menyukai halaman restoran cepat saji McDonald's dan In-Out-Burgers yang notabene menyajikan daging dalam makanannya.

5. Telah Bertemu Jodohnya Saat Masih Kuliah

Istri dari Mark Zuckerberg, Priscilla Chan ternyata telah bertemu satu sama lain pada acara persaudaraannya. Chan sendiri merupakan keturunan Tionghoa-Vietnam. Dan pada 19 Mei 2012, Mark menikahi Chan dengan cincin ruby senilai US$ 25.000

6. Akun Twitternya Diunfollow oleh CEO Twitter

Ternyata Mark Zuckerberg memiliki akun twitter yang bernama @finkd. Akun tersebut sudah tak aktif selama 10 tahun dan hanya terdapat 19 kali cuitan dalam 4 tahun. Meskipun itu ia mempunyai 220.000 follower dalam akunnya. Pada Desember 2019, Jack Dorsey CEO twitter telah mengunfollow akun Mark entah apa alasannya.

0 Response to "Fakta Tentang Mark Zuckerberg Si Pendiri Facebook Yang Kalian Tidak Ketahui"

Post a Comment

silahkan tinggalkan pesan