Kamu Hobi Ngenet? Inilah 7 Tips Agar Kuota Internet di Ponsel Android Jadi Lebih Awet



Kuota internet kini sudah menjadi kebutuhan pokok dan menjadi kebutuhan dasar bagi para pengguna smartphone. Jadi wajar saja bila paket data kamu masukkan ke dalam anggaran bulanan, selain biaya makan dan transportasi sehari-hari.

Namun, buat yang jarang mendapatkan akses wi-fi, kamu mungkin merasakan jika paket data yang kamu beli terasa boros dan cepat habis. Padahal, tarifnya juga gak murah. Untuk itu, kamu perlu melakukan tip berikut, khususnya di ponsel Android, agar kuota internetmu lebih awet. Simak, yuk!

1. Pasang batas penggunaan setiap bulan

Tidak mau kan, sebulan belum berlalu tapi paket datamu sudah habis? Kamu bisa mencoba memasang limitasi atau batas pemakaian internet perbulannya. Cara ini juga bisa kamu gunakan di Android 5.0 Lollipop ataupun pada versi setelahnya.

Caranya cukup sederhana. Pertama yang kamu lakukan, cek pemakaian internet di Settings > Connections. Melalui data tersebut, maka kamu sudah bisa mengetahui nantinya berapa perkiraan data yang kamu butuhkan untuk pemakaian selama sebulan.

Apabila sudah, selanjutnya kamu bisa klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage. Dengan melakukan hal itu, kini kamu jadi lebih hemat tanpa harus memotong habis pemakaian internet.


2. Batasi background data yang berjalan

Ada banyak aplikasi yang berjalan sebagai background di Android. Misalnya WhatsApp, Instagram, Facebook, atau bahkan game yang tidak dimatikan secara sempurna. Maka jangan heran jika mereka menyedot sebagian paket data yang kamu miliki.

Baca juga : Tips Menjadikan Akun Facebook Aman Dari Hacker

Untungnya, ada cara untuk meminimalisasi background data tersebut. Bagaimana? Buka Settings > Data usage. Kemudian berbagai macam aplikasi pun akan muncul berdasarkan seberapa banyak data yang telah ia pakai. Nah, sekarang kami Klik aplikasi yang ingin kamu batasi, selanjutnya klik Restrict app background data.

Kamu perlu tahu, bahwa cara ini akan langsung membatasi gerak aplikasi tersebut. Misalnya, saat kamu menerapkannya ke Facebook, maka kamu tidak akan memperoleh notifikasi sebanyak sebelumnya.

3. Pastikan aplikasi tidak update secara otomatis

Masalah selanjutnya yang menjadi penyebab paket datamu mudah habis adalah Play Store. Jika kamu tidak bisa mengaturnya dengan baik, maka aplikasi tersebut akan terus melakukan update setiap waktu. Solusinya kamu harus mengaturnya, hal ini penting untuk mencermati pengaturannya.

Caranya, bukalah Play Store > Settings > Auto-update apps. Di sana tersedia tiga pilihan yang bisa kamu pilih nantinya. Jika kamu ingin menghindari update dengan paket data, maka kamu jangan mengklik pilihan Over any network. Sebagai alternatifya, kamu bisa memilih Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps.

4. Menghemat data saat browsing menggunakan Chrome

Jika kamu sering kali memakai aplikasi Google Chrome untuk kebutuhan browsing dan lainnya, kamu perlu tahu bahwa browser tersebut bisa menyedot banyak paket datamu. Tapi kamu tidak perlu khawatir, ada cara untuk mengatasinya.

Chrome sudah memiliki fitur penghematan data yang fungsinya akan memperkecil data di setiap laman yang kita akses.

Nah, Bagaimana caranya? Pertama kamu buka Chrome, langkah selanjutnya kamu klik tiga titik yang ada di bagian kanan atas. Lalu Klik Settings > Lite Mode > On.

5. Menghemat data di WhatsApp

Aplikasi pesan instan yangs sedang populer ini juga menjadi aplikasi yang mengambil porsi banyak dari paket datamu. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.

Kamu hanya perlu buka Settings > Data and storage usage. Di sana kamu bisa mengatur agar download media tidak dilakukan secara otomatis karena ini akan menyedot paket data kamu. Tapi kamu juga bisa mengaktifkan Low data usage untuk mengurangi pemakaian paket data saat sedang telepon.


6. Nyalakan mode Data saver
Selanjutnya cara terakhir yangbisa kamu coba adalah dengan mode Data saver. Ketika kamu menggunakannya, maka smartphone kamu akan langsung menghentikan semua penggunaan paket data secara otomatis.

Saat itu seluruh background data yang berjalan pun langsung dihentikan.

Bagaimana caranya megaktifkan mode ini? Pertama kamu buka Settings > Connections > Data usage. kemudian kamu geserlah toggle Data saver untuk mengaktifkan.

Namun kamu perlu tahu jika mengaktifkan Data saver, aplikasi tidak akan berjalan seperti fungsi aslinya.

Nah, itulah beberapa cara yang menjadi solusi buat kamu untuk menghemat kuota internet pada ponsel Android. Semoga bermanfaat

0 Response to "Kamu Hobi Ngenet? Inilah 7 Tips Agar Kuota Internet di Ponsel Android Jadi Lebih Awet"

Post a Comment

silahkan tinggalkan pesan