Wajah Ganda Media Sosial


Memasuki abad ke 22 penggunaan media komunikasi terus meningkat selaras dengan perjalanan pesatnya perkembangan teknologi. 

Hari ini kita semuadi hadapkan dengan berbagai banyak pilihan untuk dapat mengakses ataupun menyebarkan informasi dan pengetahuan, baik melalui surat kabar, media elektronik dan yang paling banyak di lakukan oleh oerang masa kiini dalam mengakses informasi adalah media sosial.


Media sosial atau barang kali juga bisa di sebut media Massa adalah sebuah media online yang para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi di dalamnya, berbagi, dan dapat mendiptakan kabar-kabar melalui Blog, jejaring sosial (Facebook, Whatsapp, twitter, instagram) ataupun forum-forum dunia virtual lainnya.

Dalam penggunaan media sosial yang paling banyak di gendrungi masyaraka adalah jejaring sosial. 

Karena situs itulah terbilang lebih mudah para penggunanya untuk membuat web page sendiri, yang dapat menghubungkan dirinya dengan teman-teman, sanak family untuk berbagi cerita ataupun informasi.

Penggunaan media sosial di berbagai lapisan masyarakat terus bertambah, tidak memandang pemerintah, buruh, remaja, orang tua, bahkan anak kecilpun mampu bermain-main diranah jejaring sosial ini.

Dengan alasan yang beragam pula dari setiap pengguna dapat terlihat dengan jelas mulai alasan iseng-iseng agar terhubung denga teman-temannya sampai dengan alasan berbisnis (olshop) menggunakan jejaring sosial dapat kita telaah. 

Semuanya terasa lebih praktis dengan keberadaan jejaring sosial  di tengah-tengah masyarakat.

Dengan kepraktisan tersebutlah media sosial dapat berkembang dengan pesat. Adanya media sosial ini mampu mengubah sirkulasi waktu, sirkulasi jarak atau pun sirkulasi ruang. Pasalnya dengan keberadaan media sosial ini mampu membuat masyarakat membangun komunikasi dengan orang lain yang jauh di sana dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Semua berkat adanya media massa membuat dunia menjadi begitu kecil.

Berbagai kemudahan dan kecepatannya dalam hal informasi dan komunikasi membuat media massa itu sendiri banyak berperan dalam lini kehidupan. Perbuatan baik juga akan sangat kita nikmati ketika kita mampu menggunakan media massa kearah positif. Namun, kejahatan tidak bisa kita lupakan dalam media massa ataupun jejaring sosial, seperti halnya cyber bullying dan lain-lain. banyak sekali bullying yang dapat terjadi di media sosial tentu hal ini perbuatan yang salah. Karena media sosial sangatlah terbuka akan menjadikan korban bullying terkena serangan psikologis, Ia akan merasa tertekan, kecewa, menarik diri dari dari lingkungannya karena kepercayan pada dirinya sendiri perlahan-lahan hilang disebabkan komentar egatif di media sosial tentunya dapat dilihat semua orang.

Adanya berbagai fenomena di pada media sosial membuat penggunanya akan perlahan-lahan akan mengalami perubahan prilaku. Misalnya, penggnuaan media sosial yang berlebihan akan membuat seseorang cenderung kurang memperhatihan terhadap lingkungannya. Dia akan merasa asik berada di dunia maya dari pada di dunia nyata. Effek tersebut sangatlah merugikan dirinya ataupun lingkungan sekitarnya. Bayangkan jika seseorang terlalu banyak mengguanakan media sosial tentu ia akan sedikit sekali melakukan komunikasi di dunia nyata, bahkan lebih parahnya ia akan terjangki virus apatisme sosial. Dimana suatu keadaan membuat seseorang tidak memperdulikan sekitarnya.

Ada hal yang lebih parah akibat keberadaan media sosial, yaitu dampaknya kepada golongan anak-anak. Anak yang masih dini sangatlah rentan dengan berbagai fenomena ataupu kejadian terutama kecanduannya terhadap media sosial. Banyak para pakar mengatakan bahwa jika seorang anak sudah candu akan media sosial kemungkinan besarnya adalah menjadikan anak semakin malas untuk belajar, susah di atur bahkan menentang terhadap orang tuanya. 

Sebagai orang tua sebaiknya mampu memberi pendidikan baik kepada anaknya, mengingat seorang anak merupakan harapan bangsa untuk melanjutkan estafet kepemimpinan. Bagaimana jika anak-anak atau generasi muda mengalami dekradasi mental, dekradasi moral, dekradasi intelektual yang di sebabkan media sosial??

0 Response to "Wajah Ganda Media Sosial"

Post a Comment

silahkan tinggalkan pesan